cara memulai bisnis properti kecil kecilan

cara memulai bisnis properti kecil kecilan

cara memulai bisnis properti kecil kecilan – Hampir beberapa besar orang ingin menjadi seorang pebisnis besar yang berhasil. Melainkan, hanya beberapa kecil yang benar-benar ingin hidup menjalani mimpi tersebut.

Alasannya simpel, merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang diharapkan.Selain mesti mempunyai mental sekuat baja, ada hal penting lain yang patut dipersiapkan matang.

Tetapi apa saja tantangan yang akan datang nanti Anda harus siap. Sebab saat Anda telah mempertimbangkan untuk mnejadi pebisnis itu artinya Anda siap hidup dalam ketidakpastian dan juga ketidaknyamanan.

1. Buat Sebuah Rencana Secukupnya

cara memulai bisnis properti kecil kecilan yang pertama adalah dengan membikin sebuah rencana secukupnya. Jangan terlalu berlebihan dalam membikin agenda karena dapat membikin Anda pusing sendiri sebelum memulai.

Membikin rencana ini sungguh-sungguh penting dalam mengawali bisnis, sebab kalau Anda gagal membikin sebuah rencana bisnis, bisa jadi Anda sedang merencanakan kegagalan Anda sendiri.

Rencana disini juga telah termasuk goal yang mau Anda capai dalam bisnis ini.

2. Hitung Berapa Modalnya

Untuk mengawali usaha maka Anda perlu mempunyai modal. Tapi modal ini baru terlihat sesudah perencanaan bisnis selesai. Dikala merencanakan bisnis Anda juga sepatutnya menghitung modal awal yang di perlukan.

Sesudah tahu berapa modalnya, selanjutnya ada dua opsi disini. Anda bisa mengaplikasikan uang pribadi sebagai modal atau Anda bisa mengajak orang lain untuk memberi modal ke bisnis Anda ini.

Tentu saja jika ada orang lain yang memberikan modal ke bisnis Anda, karenanya profit dari bisnis ini juga sepatutnya di bagi ke investor.

3. Perbanyak Relasi persahabatan

Anda juga mesti memperbanyak networking untuk memperluas persahabatan Anda. Secara untuk memperbanyak persahabatan ke sesama pebisnis. Gunanya supaya Anda bisa saling sharing atau dapat juga untuk saling kerjasama bisnis

Dengan menjalin relasi antara sesama pemilik usaha, Anda dapat menerima profit bagi kedua belah pihak.

Membangun usaha yang berhasil memerlukan banyak waktu dan semangat untuk berkembang, sehingga baik bagi Anda untuk memiliki jaringan teman dan rekan untuk memberikan energi yang positif yang membikin Anda semakin gigih dalam menjalankan usaha Anda.

4. Join Komunitas Bisnis

Anda bisa join ke kelompok sosial bisnis seperti misalnya kelompok sosial Tangan di Atas (TDA), Pengusaha Muslim dan lainnya. Atau Anda juga bisa join ke grup facebook yang juga mengerjakan bisnis ini.

Anda bisa memilih kelompok sosial yang memang layak dengan bisnis yang Anda jalankan.

Setelah memilih kelompok sosial bisnis yang sesuai dengan macam dan bidang alternatif karenanya selanjutnya gunakan sebaik mungkin kesempatan untuk berkenalan dengan orang atau tokoh yang sudah sukses membangun bisnisnya masing-masing.

Jangan ragu untuk mempelajari ilmu bisnis dari para tokoh atau pebisnis sukses itu. Tanyakan apa bahkan yang Anda ingin ketahui lebih dalam tentang bisnis dan ambil pembelajaran dari pengalaman mereka, entah itu pengalaman bagus ataupun buruk.

5. Mengendalikan keuangan

Banyak bisnis yang mati bukan karena tak ada pembeli, tapi sebab tidak dapat mengatur keuangan. Nah jika Anda berkeinginan cara memulai bisnis properti kecil kecilan agar dapat berhasil karenanya Anda mesti bisa mengendalikan keuangan bisnis.

Setidaknya Anda patut mempunyai tiga pembukuan keuangan yakni

  1. Laba rugi
  2. Arus kas
  3. Neraca

Dengan seperti itu Anda bsia tahu ketika ini bisnis yang sedang Anda jalankan sedang untung atau rugi dan juga Anda dapat mengambil keputusan lebih jitu menurut data keuangan Anda.

Ringkasan

Nah, itulah dasar-dasar dari cara memulai bisnis properti kecil kecilan yang bisa Anda lakukan. Memang dalam mengawalinya tak semudah Anda membaca artikel ini. Melainkan setidaknya Anda sudah memiliki pengetahuan dasar apa saja yang seharusnya Anda lakukan dan yang sepatutnya Anda miliki untuk mengawali bisnis ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *